when unsucceed talks about success

Sabtu, 03 Maret 2012

Tubuh Manusia Bisa Menyimpan 295.000.000.000.000.000.000 Byte Informasi


Pernahkah terpikirkan berapa banyak informasi yang bisa disimpan di dalam tubuh manusia? Mungkin membayangkannya saja sulit apalagi mengukurnya. Namun selalu saja ada orang yang mencoba sesuatu yang untuk kebanyakan orang tidak mungkin dilakukan. Salah satunya dilakukan tim yang diketuai Martin Hilbert dari USC Annenberg School for Communication & Journalism, AS.

Inilah temuannya:


Manusia memiliki kemampuan menyimpan data sekurang-kurangnya 295 exa byte informasi alias 295 dengan 18 nol di belakangnya. Bayangkan sebuah galaksi dengan bintang-bintang yang berada di dalamnya. Jumlah bintang di suatu galaksi itu merupakan 315 kali jumlah butiran pasir di bumi. Namun jumlah itu kurang dari satu persen kemampuan molekul DNA tubuh manusia dalam menyimpan informasi.

Jadi begitu hebatnya daya simpan informasi tubuh manusia itu. Dan jika infortmasi itu disimpan dalam bentuk CD-ROM, maka tumpukan CD itu bisa sampai mendekati bulan. Atau jika informasi itu dibuat dalam bentuk  buku, buku-buku itu akan menutupi seluruh tanah AS dengan 13 lapis buku.

- Tahun 2007, tubuh manusia berhasil mengirimkan 1,9 zetta byte (1 zetta byte = 1.000 exa byte) informasi melalui jaringan broadcast seperti televisi dan GPS. Jumlah informasi sebanyak itu sebanding dengan seluruh orang di dunia membaca 174 koran setiap hari tak terputus sepanjang tahun.

- Dalam komunikasi dua arah seperti komunikasi telepon seluler, pada tahun 2007, manusia berbagi informasi sebanyak 65 exa byte atau setara dengan jumlah informasi yang dibaca seluruh manusia di dunia di mana setiap orang membaca enam koran setiap harinya.

Angka-angka itu menunjukkan betapa hebatnya daya simpan informasi tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kury Yusuf Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger